Langsung ke konten utama
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG BANARAN 2, KALURAHAN BANARAN, PLAYEN , GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

RENO BUDOYO - PAGUYUBAN KARAWITAN LANSIA BANARAN


Karawitan adalah seni suara daerah baik vokal atau instrumental yang mempunyai klarifikasi dan perkembangan dari daerah yang ada di Desa Banaran. Karawitan ini dimana warga Banaran terkhusus yang Lansia di setiap malam Sabtu sedesa Banaran terutama yang mau ikut bergabung di Paguyuban Karawitan Reno Budoyo ini berkumpul untuk berlatih Karawitan yang di laksanakan di salah satu tempat warga yang mempunyai Gamelan lengkap di padusunan Banaran V (Lima). 


Kegiatan kumpul bersama guna untuk berlatih Seni Karawitan yang ada di Desa Banaran ini sudah cukup lama di tekuni oleh kalangan Lansia yang ada di Desa Banaran. Tentunya ini akan menjadi sebuah contoh bagi kalangan Remaja dan Pemuda Desa Banaran, Lansia saja mampu untuk berlatih dengan melantunkan iringan suara ciri khas dari Karawitan tersebut. Tinggal Remaja dan pemuda Desa Banaran saja untuk ikut serta membuat ataupun membentuk Seni Karawitan Di Desa Banaran. Adapun alat Karawitan sudah di siapkan dan diperbolehkan jika ingin mempergunakan yang sering di pakai Lansia untuk berlatih milik salah satu warga yang ada di Dusun Banaran V (Lima) ini.






Dengan adanya Paguyuban Karawitan Lansia Banaran ini terbentuk ini merupakan salah satu seni untuk nguri-uri Kabudayan Jawi.

Komentar