Langsung ke konten utama
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG BANARAN 2, KALURAHAN BANARAN, PLAYEN , GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Ngerek Padi (Panen Padi) Warga Dusun Banaran 2

 

Ngerek padi atau bisa di sebut dengan Memanen padi. Seperti halnya yang di lakukan oleh Warga Dusun Banaran 2 Tepatnya di Tegal Rejo ini. Petani memanen padi dengan alat yang sangat sederhana. walapun mesin traktor sudah ada tapi beliau masih tetap saja mempertahankan yaitu dengan mesin erek yang sangat tradisional ini. Dengan penuh semangatnya warga setiap kali memanen Padi untuk mendapatkan hasilnya tidak lepas dengan menggunakan alat tradisional ini. Dapat kita lihat bebrapa gambar yang ada di sini. ini merupakan aktifitas salah satu warga Dusun Banaran 2 di pertengahan Bulan Februari 2017.









 Disinilah cara apa saja oleh warga dengan alat tradisionalnya untuk memisakan Buah padi dari pohonnya dengan cara mengerek dengan menggunakan alat tradisionalnya. Sehingga dapat mengasilkan Padi yang sudah pisah dengan pohonya seperti di bawah ini.






Dapat kita lihat gambar diatas adalah salah satu contoh hasil pertanian warga yang ada di Dusun Banaran 2, adapun untuk para petani yang ada di Desa Banaran hampir sama apa-apa yang mereka petik panennya. ini hanya salah satu hasil dokumentasi kami untuk kali ini.

Komentar