Langsung ke konten utama
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG BANARAN 2, KALURAHAN BANARAN, PLAYEN , GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

KENDURI SELAMETAN HASIL PANEN (LUMBUNG PADI) WARGA DUSUN BANARAN 2




Adat Kenduri hingga saat ini masih melekat di Desa-dasa sebagai contohnya Kenduri yang ada di Dusun Banaran 2 Rt 08. Pada kesempatan yang berbahagia ini tepat di hari Senin 13 Maret 2017 warga Dusun Banaran 2 satu RT ini mengadakan acara Kenduri bersama sebagai wujud kesyukuran atas pemberian Allah SWT atas pemberian Panenan hasil pertaniannya di tahun ini.
Kenduri Syukuran ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengucapkan rasa syukur karena yang sebuah hal yang diinginkan sudah tercapai dan orang yang mengadakan kenduri syukuran ini bersedekah dengan masyarakat sekitar. 




Kenduri syukuran atas hasil Panen ini masyarakat setempat bisa menyebut atau mengartikan sebagai Lumbung desa yang merupakan program ketahanan pangan yang biasa ada di Dusun Banaran 2 dan sekitarnya.
Dari kegiatan kenduri yang di laksanakan oleh beberapa warga Dusun Banaran 2 ini harapan dari warga setelah adat kenduri dilaksanakan, jika saja nanti di musim kering masyarakat masih mempunyai simpanan hasil panennya yang di simpan (Lumbung Desa) meskipun untuk sekarang jaman sudah modern Lumbung Desa sudah tidak lagi produktif ada di Desa Melainkan sekarang hasil panen warga di simpan sendiri-sendiri.

 Demikian hasil dokumentasi kami mengenai kegiatan warga kami Dusun Banaran 2 dalam kegaiatan acara bersama kenduri selamten hasil panen yang dapat kami dokumentasi. Semoga bermanfaat.


Komentar