Langsung ke konten utama
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG BANARAN 2, KALURAHAN BANARAN, PLAYEN , GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

GUNUNGAN RASULAN DESA BANARAN 2017




 Dalam Rangka Hari Bersih Desa Banaran/ Rasulan di tahun 2017 bersama ini dari Padukuhan dusun Banaran II mempersembahkan Gunungan dalam Rangka Rasulan yang merupakan salah budaya masyarakat di wilayah Gunungkidul, ditempat lain ada yang bernama bersih dusun/desa atau merti dusun/desa. Rasulan merupakan wujud rasa syukur petani kepada Sang Pencipta Allah SWT atas limpahan hasil panen selama setahun. 

Rasulan dilaksanakan setelah panen raya atau biasanya setelah musim kemarau datang. Gunungan sendiri di bawa dari Dusun Banaran II untuk di bawa ke Balai Desa Banaran guna untuk Persembahan Adat seperti sedia kala. Dapat kita lihat tentunya seperti apa persembahan Gunungan dari dusun Banaran II ini. Dari sinilah kita dapat melihat beberapa hasil dokumentasi kami warga berduyun-duyun menuju Balai Desa Banaran untuk mempersembahkan hasil karya kerja nyata membuat Gunungan.

Rasulan dilaksanakan oleh padukuhan/dusun atau beberapa kelompok padukuhan/dusun, setiap padukuhan atau kelompok padukuhan biasanya sudah memiliki hari istimewa tertentu untuk melaksanakan Rasulan.

Dalam mengisi kegiatan Rasulan biasanya juga dipertunjukkan berbagai macam pentas kesenian tradisional mulai dari reog, doger, kethoprak, wayang kulit, kirab budaya, gunungan dan juga untuk kegiatan olahraga seperti Bola Volly dan sepakbola.





Prosesi yang paling istimewa adalah kenduli ingkung ayam kampung dan nasi uduk yang menurut filosofi jawa banyak arti tentang Nasi Uduk (sekul suci), ingkung ayam (ulam sari) di acara Kenduri/ Genduren yang diadakan di Balai Desa.

Adat kenduri inilah yang memberikan makna serta ciri khas suatu Desa dalam melaksanakan Pesta Rakyat Hari Bersih Desa/ Rasulan Desa Banaran. 



Dokumentasi Kenduri/ Genduren Selengkapnya Silahkan Klik Di Sini

Komentar