Langsung ke konten utama
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG BANARAN 2, KALURAHAN BANARAN, PLAYEN , GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Manfaat Daun, Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Hasil gambar untuk manfaat buah delima

Sudah pada tahu Buah Delima? Manfaat daun buah delima di sini sangat banyak sekali dan daun juga buahnya sangat kompleks walapun rasanyanya tak semanis buahnya tapi berguna untuk mengurangi atau mengobati beberapa jenis penyakit. Daun delima yang berbentuk lonjong sampai lanset serta mempunyai warna hijau dengan jenis tunggal ini dapat diolah dengan cara-cara direbus, diseduh dan dilumatkan tergantung pada masalah kesehatan apa yang sedang diderita. Secara umum Tanaman delima merupakan tumbuhan perdu yang bisa hidup di daerah subtropik maupun tropik.
Kandungan dalam daun buah delima adalah tanin yang sangat ampuh untuk meluruhkan haid pada wanita. Selain itu berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan, mengobati sesak nafas, meredakan demam, dan masih banyak lagi.
Untuk lebih jelas lagi berikut ini adalah cara meracik daun delima dan khasiatnya .

Cara Membuat Obat Herbal dari daun delima

Obat Gangguan Pencernaan ( Mual, Kembung, dan perih )
Iris s5 helai daun delima dan gunakan air mendidih sebanyal 1/2 gelas untuk menyeduh irisan tersebut. Diamkan selama 5 menit, minumlah selagi masih hangat. Lakukan selama 5 hari berturut-turut

Obat Sesak Nafas

Cukup dengan merebus daun delima bersama daun teh lalu diminum sampai habis airnya.

Meredakan Demam

Isi Buah delima berserta daunnya dengan ditambah halia dilumatkan kemudian tinggal peras sampai keluar airnya, nah minum air hasil perasan tersebut.

Obat Diare untuk Anak-anak maupun Orang Dewasa

7 lembar Daun Delima ditumbuk halus, lalu campur dengan teh kurang lebih satu genggam. Masukan kedalam gelas yang sudah terisi air panas sebelumnya. Diamkan sampai air menjadi hangat, lalu minum secara teratur sampai sembuh.

Obat Saat Maag

Rebus 7 helai daun delima menggunakan 1 gelas air dengan ditambahkan gula jawa secukupnya. Tunggu sampai mendidih dan air berkurang sampai tinggal 3/4 gelas. Minum saat masih hangat.

Mencegah Masuk Angin

Seduh 10 lembar daun delima dan teh secukupnya dengan menggunakan segelas air panas. minum selagi hangat dengan takaran 1 gelas sekali minum sebanyak 2 kali dalam sehari.

Melangsingkan Tubuh

2 lembar daun delima ditumbuk sampai halus. Dengan ditambahkan air hangat 3 gelas, remas-remas tumbukan tersebut dan jangan lupa diberi sedikit garam. Lalu peraslah dan saringlah. Minum 2-3 kali dalam sehari dengan takaran 1/2 gelas secara teratur.
Mengatasi insomnia atau susah tidur
Cara membuatnya adalah dengan menumbuk daun delima 3 gram lalu direbus bersama air 200 ml dan biarkan sampai sisa 1/4nya saja. Waktu terbaik untuk minum ramuan daun delima adalah sebelum tidur.
Mengobati sakit perut
Salah satu manfaat daun delima adalah membantu memperlancar proses pencernaan. Daun delima dapat dipakai sebagai bahan alami untuk membuat teh. Meminum teh daun delima dapat mengobati sakit perut dan masalah pencernaan lainnya.

Mengobati disentri
Daun delima yang dikombinasikan dengan buahnya dapat membantu mengobati disentri yang mengakibatkan rasa sakit dan diare. Cara membuatnya cukup mudah karena anda tinggal membuat jus delima dari kedua bahan tadi.

Mengobati penyakit kuning
Agar gejala penyakit kuning dapat berkurang bisa mengkonsumsi air rebusan daun delima. Cara membuatnya adalah menyediakan tiga gram bubuk daun delima yang sebelumnya sudah ditumbuk lalu rebus daunnya sampai airnya berkurang setengah dan minum rebusan daun delima dua kali sehari.

Mengobati eksim
Eksim atau eksema adalah peradangan yang diakibatkan gelembung kecil pada kulit. Untuk mengobati gangguan ini dengan cara alami adalah dengan menumbuk daun delima lalu hasil tumbukannya ditaruh pada daerah yang melepuh.

Khasiat Buah Delima

Face mask

Jika dicampurkan dengan bentonite atau Aztec clay, jus delima juga bisa memberikan manfaat yang membuat kulit semakin sehat. Caranya campurkan bahan-bahan tersebut dan gunakan sebagai masker. Buktikan sendiri hasilnya.

Sebagai eksfoliator

Biji delima merah bahkan bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator yang membersihkan kotoran dalam kulit. Tapi jangan lupa mencuci muka setelah eksfoliasi ya!

Dijadikan toner

Kombinasi jus delima merah dengan cuka apel ternyata sangat baik untuk kulit. Manfaatkan campurannya untuk toner, dan hasilnya akan sangat luar biasa.

Minyak pembersih

Membersihkan wajah bisa dengan cara apapun, termasuk dengan minyak pembersih. Buatlah minyak pembersih sendiri dengan minyak delima, dan Anda akan mendapat hasil yang sama hebatnya dengan minyak jojoba, castor, kelapa, alpukat, wijen, dan zaitun

Memperlambat penuaan 

Konsumsi delima setiap hari dipercaya bisa memperlambat penuaan. Kerutan akan berkurang karena delima merah memproduksi zat aktif yang bisa membantu regenerasi kulit dan memperbaiki kerusakan.

Mengatasi beberapa masalah kulit

Antioksidan dalam biji delima dapat mengatasi jerawat dan peradangannya. Sebanyak 2 sendok makan biji delima yang dihancurkan dan 1 sendok makan kunyit dapat menghasilkan manfaatnya. Anda hanya perlu menerapkannya ke area kulit yang terkena jerawat dan mencucinya dengan air dingin setelah 15 menit.
Aplikasi minyak biji delima dikenal dapat membantu menyembuhkan eksim dan psoriasis. Dan daun delima mungkin juga membantu mengelola vitiligo – beberapa sumber mengatakan mencampur daun delima yang dihancurkan dengan air dan meminumnya dapat membantu meringankan kondisi. Namun periset masih membutuhkan lebih banyak penelitian.
Khasiat buah delima juga dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari, dan ini dapat membantu dalam mengobati melasma. Makan buah delima setiap hari juga dapat membantu mengobati rosacea, berkat sifat anti-inflamasi pada buah delima – yang menghambat aktivitas peradangan sel mast manusia (sejenis sel darah putih).

Mencegah kanker Kulit

Delima juga mengandung bahan antioksidan kuat dan mampu mencegah tumor. Delima yang dihancurkan dan dioleskan ke kulit akan bermanfaat mencegah pertumbuhan kanker.

Pencegahan kanker prostat

Baru-baru ini peneliti menemukan bahwa manfaat delima dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker prostat. Meskipun beberapa studi tentang efek jus delima pada kanker prostat, hasilnya masih awal. Meskipun belum ada penelitian jangka panjang pada manusia yang membuktikan bahwa jus buah delima mencegah kanker atau mengurangi risiko.

Menghambat penyakit Alzheimer

Antioksidan dalam jus delima dan konsentrasinya yang tinggi diyakini dapat menghambat perkembangan penyakit Alzheimer dan melindungi ingatan.

Menyehatkan pencernaan

Jus buah delima dapat mengurangi peradangan di usus dan memperbaiki pencernaan. Ini mungkin bermanfaat bagi orang-orang dengan penyakit Crohn, kolitis ulseratif, dan penyakit radang usus lainnya.
Cara membuat obat herbal dari daun delima dengan merebus ;
  • Ambil daun buah delima yang masih muda dan masih segar terutama pada bagian pucuknya
  • Lalu kamu cuci hingga benar-benar bersih
  • Selanjutnya siapkan air 2 hingga 3 gelas air matang dan masukkan ke dalam panci pemanas
  • Lalu kamu masukkan daun tersebut yang sudah kamu cuci bersih
  • Kemudian kamu rebus hingga benar-benar mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas air rebusan saja
  • Kamu juga bisa mencampurnya dengan madu murni atau dengan gula batu agar lebih enak ketika meminumnya
  • Setidaknya satu kali dalam sehari meminumnya, atau kamu juga bisa berkonsultasi dengan pakar herbal terlebih dahulu
Dengan cara merebus memang terlihat lebih simpel tapi kamu juga bisa membuatnya dengan cara yang lainnya. Misalkan dengan menyeduhnya yang hampir sama ketika kamu membuat teh yang biasa kamu minum. Dan berikut ini cara membuat daun delima yang dijadikan minuman teh.
Cara membuat daun delima menjadi minuman teh ;
  • Ambil bagian daun yang masih muda dan segar dan kamu bisa mengambilnya sekalian banyak dan kamu jadikan untuk stok
  • Kemudian kamu cuci hingga bersih semua daun tersebut
  • Setelah bersih kamu bisa mengirisnya kecil-kecil lalu menjemurnya di bawah sinar matahari dan biarkan daun tersebut hingga benar-benar kering
  • Setelah kering kamu bisa menyimpannya di dalam toples dan menutupnya degan rapat atau bisa juga menaruhnya ke dalam kulkas
  • Untuk membuat minumannya, kamu bisa memasak air panas terlebih dahulu lalu masukkan ke dalam gelas
  • Kemudian masukkan daun delima yang sudah kering ke dalam gelas tersebut
  • Tunggu hingga warna air dalam gelas berubah menjadi kecoklatan
  • Dan kamu juga bisa memberikan gula batu atau madu murni
  • Kamu bisa menjadikannya minuman sehari-hari tergantung pada jenis penyakit yang kamu derita
Dengan cara menyeduh atau mengering daun delima terlebih dahulu memang tidak menghilangkan kandungan atau nutrisi yang ada di dalam daun tersebut. Jadi nutrisi di dalam masih utuh dan berbeda ketika kamu merebus daun tersebut.
Ada cara lain dalam mengolah daun delima dan hanya mengambil ekstrak yang ada di dalam daun tersebut. Dan caranya hampir sama dengan merebus daunnya, akan tetapi kita hanya mengambilnya dalam bentuk minyak. Dan berikut ini cara membuat minyak alamai dari daun delima.
Cara membuat minyak alami dari daun delima ;
  • Ambil daun delima yang masih muda dan masih segar kemudian kamu cuci bersih terlebih dahulu
  • Kemudian tumbuk daun tersebut hingga benar-benar lembut, atau kamu juga bisa menggunakan blender untuk melembutkannya
  • Selanjutnya siapkan air 3 hingga 5 gelas air bersih kemudian masukkan ke dalam panci atau bisa juga menggunakan wajan penggoreng
  • Lalu masukkan daun yang sudah kamu haluskan ke dalam panci atau wajan penggoreng
  • Kemudian masak hingga airnya habis dan berubah menjadi minyak yang berasal dari daun delima tersebut
  • Minyak ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, yang khasiatnya hampir sama seperti dengan minyak kemiri, minyak zaitun dan lain-lain
Cukup banyak cara dalam mengobalah daun delima yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari merebus, menyeduh, hingga membuatnya menjadi minyak alami. Dan semuanya sebagai obat alami dan tergantung pada jenis penyakitnya. Dan berikut ini ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan daun delima.
Dengan meminum air rebusan daun delima secara rutin maka akan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Degan demikian maka kamu tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Mengobati batuk

Berbagai jenis batuk bisa disembuhkan hanya dengan meminum air reusan atau air seduhan dari daun delima ini. Baik itu batuk kering maupun batuk berdahak. Dan daun ini sudah dari dulu kala digunakan untuk mengobati sakit batuk.

Mengobati penyakit kuning

Penyakit yang satu ini biasanya ditandai dengan adanya warna kekuningan pada kulit penderita. Timbulnya penyakit ini disebabkan karena adanya penumpukan bilirubin pada sel darah merah. Dengan meminum air dari sari daun delima baik pagi hari atau malam hari maka akan menyembuhkan penyakit ini. Setidaknya minum sekali hingga dua kali dalam sehari.

Mengobati masalah pencernaan

Salah satu masalah pencernaan adalah sakit perut yang bisa saja ditimbulkan karena pola makan yang tidak sehat atau bisa juga adanya bakteri yang ada di dalam perut. Kandungan yang ada di dalam daun delima ini mampu membunuh semua bakteri yang ada di dalam perut. Jadi buatlah teh dari daun delima dan kamu minum setiap harinya untuk menyembuhkan rasa sakit dalam perut.

Mengobati disentri

Disentri bisa disebabkan karena adanya infeksi atau bakteri yang ada di dalam usus, dan tidak jarang penderitanya mengeluarkan darah saat BAB. Dan hanya dengan meminum air rebusan atau air seduhan dari daun delima ini akan mengobati infeksi yang terjadi pada usus besar dan sebagian pencernaan lainnya.

Mengobati insomnia

Insomnia biasanya disebabkan karena terlalu banyak pikiran dan juga stres atau depresi. Kandungan yang ada di dalam daun delima ini memiliki aroma yang menenangkan. Jadi ketika kamu mengkonsumsi air rebusan atau air teh yang terbuat dari daun ini saat malam hari maka akan memberikan efek menenangkan dan akan memudahkan untuk tidur.

Mengobati eksim

Penyakit kulit ini biasanya disertai dengan timbulnya kulit seperti melepuh. Hal ini bisa disebabkan berbaga macam hal, bisa karena alergi atau pertumbuhan kulit yang abnormal atau bisa juga karena adanya bakteri. Gunakan daun delima yang sudah diolah menjadi minyak alami dan kamu oleskan pada bagian kulit kamu yang melepuh.
Atau bisa juga hanya dengan menumbuk daunnya hingga lembut lalu langsung menempelkannya pada luka tersebut. Gunakan obat yang dari darun delima tersebut setidaknya dua kali dalam sehari, agar luka tersebut semakin kering.

Mengobati penyakit rektum prolap

Untuk mengobati sakit yang satu ini kamu bisa merendam bagian yang sakit terbut degan air hangat yang sudah kamu campur dengan daun delima. Atau bisa juga dengan membasuh air rebusannya pada bagian yang bermasalh tersebut.

Mengobati sariawan

Salah satu penyakit yang bisa disebabkan oleh panas dalam ini bisa degan mudah kamu sembuhkan. Kamu bisa meminum air rebusan daun delima atau hanya menggunakannya untuk berkumur. Lakukan dengan cara berkumur pada pagi hari atau malam hari ketika menjelang tidur.

Mengobati penyakit mata

Dengan menumbuk daun delima hingga menjadi lembut bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit mata seperti, katarak, rabun, mata bengkak, mata bintitan. Kamu tinggal oleskan saja tumbukan dari daun tersebut pada bagian mata yang sakit.

Mengobati sakit telinga

Daun delima juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di telinga, seperti peradangan, gatal-gatal, dan lain-lain. Dan cara membuat obatnya cukup kamu tumbuk daunnya hingga lembut, lalu kamu sangria hingga mengeluarkan minyak. Kemudian kamu teteskan saja pada bagian telinga, maka peradangan atau rasa nyeri pada telinga akan berangsur-angsur sembuh.

Melancarkan haid

Jika haid kamu tidak lancar serta siklusnya yang sering berubah-ubah, maka kamu bisa mencoba mengobatinya degan menggunakan air rebusan daun delima. Atau membuatnya menjadi teh dan kamu minum secara teratur selama sebelum dan ketika masa haid. Khasiat dari daun tersebut akan memperlancarkan haid serta menghilangkan rasa nyeri ketika haid.

Menurunkan berat badan

Daun delima ini juga berkhasiat untuk meuruhkan lemak yang ada di dalam tubuh. Dengan kamu imbangi seperti melakukan aktifitas berolahraga secara rutin dan mengkonsumsi air rebusan daun delima maka berat badan kamu akan semakin cepat turun.

Mencegah keriput pada kulit

Dengan cara mengkonsumsinya sebagai minum sehari-hari maka akan mencegah terjadinya keriput pada kulit kamu. Yang biasanya pada bagian wajah dan juga pada bagian-bagian tertentu. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya mampu mencegah radikal bebas yang sebagai salah satu penyebab timbulnya penuan diri pada kulit.
Demikian dari kami Admin Banaran 2 Semoga bermanfaat, Salam Sehat selalu !!!

Komentar