Langsung ke konten utama
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG BANARAN 2, KALURAHAN BANARAN, PLAYEN , GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Tanaman Hias Pucuk Merah Oleina Syzygium dan manfaatnya

 
 
Saat-saat ini masyarakat pada umumnya yang suka dengan tanaman Hias khususnya di kalangan warga banaran dan sekitarnya, saat ini sedang marak-maraknya menanam tanaman hias ini.
Anda penasaran kan......
Kali ini Admin web ini akan sedikit berbagi ilmu cara mengebang biakkan tanaman pucuk merah ini.
Bagaimana cara mengembang biakkan pucuk merah serta cara merawat tanaman pucuk merah Oleina Syzygium – Bahasa latinnya Pucuk Merah bernama Syzigium oleina merupakan tanaman yang memiliki daun berwarna merah dan hijau dan tumbuh rapat antara daun.
Tekstur daun halus dengan panjang daun berkisar 5 cm dan permukaan daun yang mengkilap.
 
Klasifikasi Pucuk Merah
 
Nama latin : Syzygium oleina
Nama Lokal : pucuk merah
Famili : Myrtaceae
Tinggi rata-rata : 50 cm – 3 m
Daya tarik : tunas muda berwarna oranye dan merah
 
Manfaat Pucuk Merah
 
Sebagai border atau pembatas ataupun jalur hijau
tanaman hias dalam pot
sebagai focal point pada taman bertema tropis
tanaman pengarah
 
Tanaman ini akan selalu menghasilkan dua warna karena daun muda yang berwarna merah akan bermunculan sehingga warna tanaman menjadi hijau merah, kemudian warna daun akan berubah menjadi hijau saat daun semakin tua
 
Cara menanam pucuk merah serta Budidaya tanaman pucuk merah di Indonesia menjadi salah satu negara tempat ideal karena tanaman ini sangat cocok hidup di daerah tropis. Diameter tanaman dapat mencapai 30 cm dengan tinggi mencapai 7 meter. Usia tanaman dapat mencapai puluhan tahun.
 
Perawatan Pucuk Merah
 
Jika ingin tumbuh maksimal sebaiknya tidak ditanam di pot, lakukan pemangkasan daun 1 bulan sekali agar bentuk tanaman tetap rapi. Pemotesan terhadap daun-daun yang sudah tua dapat dilakukan 2 minggu sekali.
Daun yang sudah tua dipotes mulai dari pangkal ruas yang menempel pada cabang pohon, agar daun baru dapat tumbuh dari pangkal tersebut.
 
Anda juga dapat memangkas tanaman in menjadi bentuk-bentuk yang unik. Bentuk tajuk lingkaran atau dibentuk kerucut menyerupai pohon cemara sering ditemui dan dapat dicoba pada tanaman Anda.
 
Manfaat Pucuk Merah
 
Merawat pucuk merah juga mencakup melindunginya dari berbagai penyakit dan hama.
Salah satu pengganggu tanaman ini adalah ulat coklat. Untuk membasminya, Anda dapat menggunakan suprasit. Jangan lupa untuk memberi pupuk tanaman agar tanaman dapat tumbuh sehat. Berikan pupuk N-P-K seimbang. Lakukan pemupukan setiap dua bulan. Jangan lupa lakukan penyiraman setiap hari.
 
Pucuk merah merupakan tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari. Agar dapat terus bertunas sehingga menghasilkan daun berwarna merah, tempatkan tanaman ini di lokasi yang banyak terkena sinar matahari. Kini, si pucuk merah siap menghiasi taman Anda dengan daun hijau merahnya.

Komentar