Langsung ke konten utama
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG BANARAN 2, KALURAHAN BANARAN, PLAYEN , GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

BERSIH DESA - RASULAN - KEGIATAN WARGA DESA BANARAN GUNUNG KIDUL


Bersih desa atau istilah di masyarakat Gunungkidul disebut RASUL merupakan tradisi yang saat ini masih dilaksanakan di beberapa Kecamatan. 

Hampir setiap desa setiap tahun mengadakan acara RASULAN dengan mengundang wayang kulit untuk di malam harinya atau kesenian lainnya  pada waktu acara tersebut dilaksanakan. 

Dan biasanya dilaksanakan setelah musim panen yang kedua atau sudah musim kemarau.

Dalam pelaksanaannya pemerintah desa membentuk panitia Rasulan dan kemudian panitia rasulan merencanakan acara, waktu pelaksanaan serta jumlah biaya  yang dibutuhkan . 

Setelah teknis pelaksanaan di putuskan kemudian biaya pelaksanaan dibebankan kepada warga masyarakat perkeluarga.

Besar kecilnya serta tinggi rendahnya biaya yang ditanggung warga tergantung beberapa hal :

- Dhalang yang di undang : terkenal, atau dhalang biasa
- Jumlah acara yang akan dilaksanakan : Wayang kulit, kethoprak, ledhek ( tayub ) reog, olahraga dan kesenian
lainnya.

Dari desa kami Desa Banaran karena acara Besih Desanya tidak bersamaan maka sebelum hari H tepatnya di tanggal 1 Mei 2015 yang akan datang dan di nanti-nantikan ini, hanya beberapa dusun saja yang sebelumnya sudah berlatih berbagai kesenian adatnya.

Inilah sosok generasi seni kreasi yang tahun ini akan mengegerkan tampil di hari Bersih Desa Desa Banaran (Rasulan) 2015.

  
Dari Banaran 2
 
Banaran 2 pada tahun ini para tokoh-tokoh pemuda dan pemudi juga berlatih membentuk sebuah Prajurit yang dinamakan Lombok Abang.
Pesertanya meliputi para pemuda Generasi IRESKAB 2.

Dapat di lihat Lombok Abang Pemuda Banaran 2 di tahun lalu 2014 di bawah ini.


Dari Dusun lain yang meliputi Banaran 3, Banaran 4, Banaran 5 juga Banaran 9 malam sebelum datangnya hari yang di nantikan warga masyarakat desa banaran juga berlatih berbagai kesenian. 

warga ini juga ikut mengadakan Latihan-latihan seni kebudayaan seperti Reog, Reog Kreasi, Jatilan dan berbagai ragam seni budaya.

Demikian artikel yang dapat saya sajikan di website ini apabila ada kata-kata atau kalimat kami Admin yang membuat website ini banyak salah dalam menulis ejaan kata juga kalimat, saya mohon beri kritik dan sarannya juga  mohon dukungan dari sobat semua, saya yakin anda lebih pandai dan lebih pintar dari saya Admin muda generus Banaran 2.


INFO KONTAK ADMIN KLIK DI SINI


Komentar