Langsung ke konten utama
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG BANARAN 2, KALURAHAN BANARAN, PLAYEN , GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

NYADRAN GENDURI DESA BANARAN 2015

Tradisi nyadran merupakan simbol adanya hubungan dengan para leluhur, sesama, dan Yang Mahakuasa atas segalanya. 
Nyadran merupakan sebuah tradisi yang mencampurkan budaya lokal dan nilai-nilai Islam, sehingga sangat tampak adanya lokalitas yang masih kental islami. 
Kali ini Nyadran dilaksanakan untuk menyambut Peringatan hari bersih desa (Rasulan) atau peringatan pesta rakyat yang di adakan setahun sekali oleh warga banaran. 
Di karenakan Desa Banaran itu acara Rasulan (bersih desa) tidak bersmaan, maka nyadranlah tidak sama serentak dalam satu kelurahan. 

Banaran sendirilah terdiri dari 9 dusun diantaranya Banaran 1, 2, 3, 4, 5. yang 4 dusun meliputi Banaran 6 dengan nama Karang Ploso, Banaran 7, 8 (dengan nama Teguhan) dan yang paling ujung tenggara yakni Banaran 9 yang memisah dari Desa banaran 1 - 8 dengan nama Dusun Suruhan, letaknya berbatasan dengan Ngasem rejo Playen.

Pada kesempatan ini yang mengadakan upacara Adat Nyadran (Genduri) hanyalah 6 Dusun dari ke-9 dusun di Desa Banaran.
Di antaranya Banaran 1-5 dan Banaran 9, ke 6 Dusun ini yang mengadakan upacara adat Nyadran (genduri) untuk menyambut Acara pesta rakyat dari hasil buminya sebagai rasa syukur atas Rahmat Allah yang maha Esa.

Nyadran sendiri untuk Banaran 1 sampai Banaran 5 di selenggarakan di sendang yang berada di petak 17 (Komplet), sendang utara dusun banaran 3, sendang Mojo yang bertempat di ujung kulon Banaran 5 serta ada pula yang melaksanakan di sendang Mur Gede tepatnya di sebeleh selatan sendang Mojo.

Budaya masyarakat yang sudah melekat erat menjadikan masyarakat Jawa sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dari kebudayaan itu. 

Dengan demikian tidak mengherankan kalau pelaksanaan nyadran masih kental dengan budaya Hindhu-Buddha dan animisme yang diakulturasikan dengan nilai-nilai Islam yang dibawa oleh Wali Songo. 

Tahun ini nyadran telah di laksanakan tepatnya di hari selasa Kliwon, biasanya seminggu sebelum peringatan hari bersih desa Desa Banaran.

Dari beberapa foto hasil dokumentasi diatas yang bertempat di Sendang Mojo.
Untuk Dokumentasi yang lain di karenakan saya Admin keterbatasan pendokumentasi, saya berharap dari rekan2 semua di Banaran mohon partisipasinya untuk ikut mendokumentasikan di sini.

Mohon maaf bila coretan artikel yang saya tulis ini mungkin dalam ejaan bahasa dan kata kurang di mengerti ataupun berantakan mohon maaf.

Saya yakin anda lebih pintar lebih pandai dari saya Admin dalam membuat website seperti ini.

saya Admin hanya sekedar berbagi dan mendokumentasikan segala apa yang bisa saya publikasikan di sini, semoga ini bermanfaat buat siapa saja.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Admin : Putra Banaran

Komentar