Langsung ke konten utama
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG BANARAN 2, KALURAHAN BANARAN, PLAYEN , GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

AKTIFITAS JUAL BELI DI PASAR BANARAN

 Pasar merupakan tempat dimana para pedagang (penjual) dan pembeli bertransaksi. Di sana mereka bisa menawar harga yang cukup miring ke timbang belanja di mall-mall. Pasar menjadi salah satu tempat dimana orang-orang bisa menjual barang, jasa dan tenaga kerjanya dengan imbalan uang. Dan kegiatan ini merupakan dari bagian perekonomian.

Secara umum pengertian pasar merupakan suatu tempat di mana para penjual dan pembeli dapat bertemu untuk melakukan jual beli barang. Penjual menawarkan barang dagangannya dengan harap dapat laku terjual dan memperoleh uang sebagai gantinya. Disana penjual dan pembeli akan melakukan tawar – menawar harga hingga terjadi kesepakatan harga. Setelah kesepakatan harga dapat dilakukan, barang akan berpindah dari tangan penjual ke tangan pembeli. 

Pembeli akan menerima barang dan penjual akan menerima uang. Hal ini merupakan pengertian pasar secara konkrit, artinya pengertian pasar dalam kehidupan sehari–hari, yaitu tempat orang–orang bertemu untuk melakukan suatu transaksi jual beli barang. Namun pasar juga dapat diartikan dalam pengertian pasar menurut ilmu ekonomi (abstrak), yaitu suatu pertemuan antara penjual dan pembeli untuk jual beli barang atau jasa tertentu dengan harga tertentu pula.

Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli.  Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
 
Berikut ini beberapa kegiatan Pasar Banaran (Pasar KOPLAK) dalam tanggal jawa Pasar Banaran beroperasi pada KLIWON & PAHING adapun hari tidak menentu berdsarkan urutan hari Jawa tersebut.




 Gambar diatas dan di bawah ini adalah keadaan situasi Lingkungan seputar Pasar Banaran yang berada di tengah-tengah jantung Desa Banaran.





Komentar