Langsung ke konten utama
SELAMAT DATANG DI WEB BLOG BANARAN 2, KALURAHAN BANARAN, PLAYEN , GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

LONG SEDERHANA TERBUAT DARI KALENG SUSU BEKAS

 

Siapa sih yang tidak mengenal Long, semasa kecil dulu long  terbuat dari bambu, untuk melihat hasil dokumentasi terdahulu mengenai Long terbuat dari bambu silahkan Klik Di Sini

Pada kesempatan  kali ini Admin akan sedikit menjelaskan Long yang terbuat dari kaleng Susu.
Ternyata kaleng susu bekas bisa di manfaatkan untuk membuat Pipa yang disambung-sambung di lubangi atas dan bawah. 

Setelah terlubangkan terus di sambung-sambung memanjang dengan menggunakan tali karet Ban bekas yang di potong dan di lilitkan melingkar mengikuti arus bentuk lingkaran kaleng susu tersebut. dengan maksud agar terbentuk seperti Pipa memanjang.

Adapun untuk Sumbu yang biasa buat menghidupkan / istilah lain dalam Long terbuat dari bambu adalah apinya, pada kesempatan kali ini kaleng-kaleng yang di buat di sambung-sambung ujungnya untuk menghidupkannya pada sumbu di sambung dengan Botol bekas Aqua atau botol Bedak yang di buat seperti di bawah ini, pada tombol di bawah ini untuk pengapian di kasih dengan Platina dari korek gas bekas.


 
Long yang sekarang bukannya terbuat dari bambu lagi yang menggunakan minyak tanah, untuk membeli minyak tanah pun sekarang sulit di dapat, Long yang modern sekarang ini terbuat dari bekas botol kaleng yang di sambung-sambung memanjang yang menghidupkannya dengan Sepiritus dan hasil bunyinya pun tidak kalah dengan yang terbuat dari bambu.

Di bawah ini anak-anak dusun Banaran 2.











  

Sekian info seputar Long yang terbuat dari Kaleng Bekas Susu, semoga bermanfaat.

Terima kasih atas kunjungannya.

Marhaban Ya Ramadhan 2016.

Komentar